Advertisement here

Rakel Sablon: Mengetahui Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Teknik Penggunaannya

Rakel Sablon

Assalamualaikum Wr.Wb
Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang rakel sablon. Selain screen sablon, rakel sablon menjadi salah satu alat yang tidak kalah penting dalam proses menyablon. Seperti halnya screen sablon, rakel pun memiliki berbagai macam ukuran dan jenis yang disesuaikan dengan fungsinya. Sebenarnya apasih fungsi rakel ini, mari kita bahas.

Rakel sablon adalah suatu alat yang terbuat dari karet dan biasanya menggunakan gagang kayu yang digabungkan.

Apa yang dimaksud rakel sablon ?

Rakel sablon adalah suatu alat yang terbuat dari karet dan biasanya menggunakan gagang kayu yang digabungkan. 

Apa fungsi rakel dalam proses sablon ?

Rakel ini berfungsi untuk menggesut tinta yang dituangkan pada screen. Mengapa harus menggunakan rakel ? Karena dengan menggunakan rakel, tinta akan merata pada saat digesut dan akan mendapatkan hasil yang sempurna.

Jenis rakel sablon.

Rakel sablon biasanya ada yang menggunakan gagang kayu dan ada juga yang menggunakan aluminium. Dilihat dari fungsinya baik yang menggunakan gagang kayu atau pun aluminium, yaitu sama saja balik lagi sesuai selera masing - masing.


Ukuran rakel sablon.

Rakel sablon memiliki berbagai macam ukuran, itu semua disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran screen nya itu sendiri. Ada beberapa ukuran rakel sablon yaitu sebagai berikut :
  • 20 cm
  • 22 cm
  • 25 cm
  • 27 cm
  • 30 cm
  • 32 cm
  • 35 cm
  • 37 cm

Jenis karet rakel sablon.

Karet rakel pun mempunyai berbagai jenis dan masing - masing memiliki fungsi tersendiri. Berikut beberapa jenis karet rakel sablon dan kegunaannya :


1. Rakel Papak

Rakel ini memiliki bentuk karet siku - siku atau kotak dan bagian ujungnya rata. Rakel ini biasanya sering digunakan untuk sablon manual. Rakel dengan jenis ini memiliki beragam warna, ukuran dan tingkat kekerasan. Rakel papak biasanya digunakan untuk mencetak gambar yang membutuhkan ketajaman pada hasil cetaknya. Pada umumnya tersedia dengan tingkat kekerasan 75 dan 80 serta tinggi karet 50 mm. Karet rakel juga dapat dibeli satuan maupun meteran (4 meter). Rakel papak biasa digunakan untuk mencetak dengan tinta plastisol atau solvent.

Di beberapa tempat penyedia perlengkapan sablon, pembelian rakel di mudahkan dengan pengkodean, rakel papak dikenal dengan nama rakel Straight (ST), sehingga apabila akan membeli rakel papak warna kuning (Yellow/Y) maka dapat disebut rakel YST (Yellow Straight).

2. Rakel Lancip

Rakel jenis ini memiliki bentuk karet yang miring pada kedua belah sisinya sehingga membentuk ujung yang runcing dan memusat di tengah. Selain rakel papak, rakel ini juga paling sering digunakan pada sablon manual.

Rakel jenis ini memiliki beragam warna, ukuran dan tingkat kekerasan. Rakel lancip biasanya digunakan untuk menghasilkan detail gambar yang tajam dengan tinta Rubber dan cocok untuk mencetak desain raster. Sebagai contoh kode, rakel lancip berwarna merah dikenal dengan rakel RDB (Red-Double Bevel). Untuk rakel lancip biasanya tersedia dengan tingkat kekerasan 65 dan 70 dengan tinggi karet 50 mm.

3. Rakel Lancip Sebelah

Rakel jenis ini memiliki bentuk karet yang miring pada sebelah sisinya saja sehingga membentuk ujung yang runcing di satu sisi.

Rakel jenis ini memiliki beragam warna, ukuran dan tingkat kekerasan. Rakel lancip sebelah biasanya digunakan untuk proses cetak dengan mesin 1 arah, rakel jenis ini dapat memindahkan tinta dalam jumlah yang banyak. Sama seperti rakel lancip, rakel jenis ini juga biasa digunakan untuk mencetak tinta rubber.

4. Rakel Tumpul

Rakel jenis ini memiliki bentuk karet yang tidak membentuk sudut lancip di kedua belah sisinya, namun masih memiliki ujung yang datar.

Rakel jenis ini dapat menyapu tinta dalam jumlah yang banyak dan pada penggunaannya cocok untuk mencetak desain blok/tebal. Rakel tumpul biasanya digunakan untuk mengaplikasikan cat berbasis air atau tinta extender.

5. Rakel Bulat 

Rakel ini memiliki bentuk karet yang tidak membentuk sudut sama sekali di kedua belah sisinya, sehingga membentuk ujung yang membulat.

Rakel ini dapat menyapu tinta dalam jumlah yang banyak dan tebal, sehingga pada penggunaannya cocok untuk mencetak desain blok. Sama seperti rakel tumpul, biasanya rakel bulat digunakan untuk mengaplikasikan cat air atau tinta extender untuk di bahan putih.

Mungkin cukup sampai disini pembahasan kita soal rakel sablon kali ini. Mohon maaf apabila terdapat kesamaan kata dan ada salah - salah kata.

Terima kasih.

Tangkurak Sablon.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Rakel,Sablon