Advertisement here

Direct to Garment ( DTG ) : Buat Kaos Distro Sendiri Pake Teknik Ini

Sablon DTG ( Direct to Garment )


Assalamualaikum Wr.Wb
Setelah membahas tentang DTF pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Sablon DTG ( Direct to Garment ). Buat kalian yang belum membaca artikelnya tentang DTF bisa kalian lihat dipostingan saya sebelumnnya.

Sablon DTG ( Direct to Garment ) adalah salah satu teknik menyablon dengan menggunakan mesin yang langsung dicetak pada medianya.

Apa yang Dimaksud dengan DTG?


Sablon DTG ( Direct to Garment ) adalah salah satu teknik menyablon dengan menggunakan mesin yang langsung dicetak pada medianya. Berbeda halnya dengan DTF, teknik sablon DTF memerlukan kertas transfer tetapi DTG tidak perlu. Teknik ini lebih cocok untuk digunakan di media yang berbahan dasar katun. 

Apa bedanya DTG dan DTF?


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya teknik sablon DTG itu bisa di print atau di cetak langsung ke kaos nya, Sedangkan DTF itu membutuhkan sebuah transfer paper. Keduanya hampir memiliki karakter dan kualitas yang bagus. Selain prosesnya yang cepat bahan sablonnya pun cukup tahan lama dan tidak mudah pudar.

Sablon DTG ( Direct to Garment ) adalah salah satu teknik menyablon dengan menggunakan mesin yang langsung dicetak pada medianya.


Berbeda dengan teknik sablon manual, sablon dengan menggunakan mesin seperti DTG atau DTF memiliki keunggunalan dari segi warna yang tidak terbatas bahkan menyablon dengan menggunakan mesin seperti ini dapat mencetak warna gradasi.

Jadi, untuk kalian yang ingin membuat kaos custom satuan dengan design kalian sendiri teknik sablon ini bisa dijadikan rekomendasi untuk pembuatan kaos kalian. Saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa sablon DTF atau DTG.

Berapa Harga Jasa Sablon DTG atau DTF?


Untuk masalah harga sablon teknik ini bisa dibilang cukup terjangkau. Tidak seperti sablon manual yang setiap konveksi ada minimum order entah itu lusinan atau kodian. Sablon ini pun bisa jadi alternatif untuk kalian yang ingin coba coba untuk memulai usaha distro. Dengan sistem pre-order kalian tidak perlu nyetok barang.

Harga sablon DTG atau DTF biasanya masing masing konveksi memiliki perhitungan nya sendiri. Bisa jadi tergantung ukuran design lalu bisa juga tergantung dengan banyaknya design dalam sebuah kaos.

Hanya sedikit saran apabila kalian ingin menyablon dengan salah satu teknik ini, kalian harus memperhatikan bahan pada media yang akan kalian sablon. Seperti contoh apabila bahan katun gunakanlah teknik DTG dan jika media berbahan polyester pakailah teknik DTF. Karena jika kalian menggunakan teknik DTG pada bahan polyester nantinya warna pada design dan warna pada hasil sablon itu bisa saja berbeda bahkan lebih gelap.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Kita ketemu lagi di artikel selanjutnya. Mohon Maaf apabila ada salah kata dalam pengetikan atau ada persamaan kata.

Terima kasih

Tangkurak Sablon
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
DTG,Mesin